Rabu, 15 Mei 2013

Pemain Manchester United 2012/2013 Dalam Angka

Trofi yang sempat 'dipinjam' "Tetangga Berisik" itu pun kini telah kembali ke habitatnya. Begitulah kata sebagian besar mayoritas pendukung Manchester United. Tragedi 13 Mei 2012 yang tak akan pernah mereka kenang itu pun seakan menghilang ketika Robin van Persie berseloroh, "ternyata trofi PL itu berat". Kini trofi itu kembali dengan cara yang elegan, 20|13. Trofi ke-20 top flight dan trofi ke-13 sejak era Premier League.



Sir Alex Ferguson telah memutuskan untuk lebih fokus mencintai istrinya dan menyerahkan kursi hangatnya kepada pria Skotlandia lain. Musim sudah di penghujung akhir, Paul Scholes sudah menyatakan pensiun, Rooney merengek minta dijual dan Bebe masih di pertapaannya bersama Rio Ave.
Tidak ada salahnya jika saya memberi angka terhadap tim ini dan para pemainnya. Subjektif? Tentulah, susah membuat sesuatu yang objektif di masa di mana semua sesuatu yang janggal dianggap konspirasi, bahkan buku sejarah pun juga subjektif. Oke, baiklah!

#1 David De Gea - 8.5/10
Siapa kira kiper yang musim lalu menjadi sasaran empuk bagi media Inggris untuk dikritik bertransformasi menjadi kiper tangguh musim ini? Meski di paruh satu De Gea hanya melakukan dua kali cleansheet, tapi itu tak bisa sepenuhnya dilimpahkan atasnya, pertahan yang tak kokoh lah menjadi alasan De Gea kebobolan begitu banyak di awal musim. Tapi De Gea merubah semuanya di putaran kedua, United sering melakukan cleansheet, dan itu merupakan sebuah anti-tesis dari apa yang terjadi di putaran pertama.

#2 Rafael da Silva - 8.5/10
Kalau ada penghargaan player most development di Premier League, mungkin Rafael lah pemenangnya. Lihatlah bagaimana musim ini, ia menjelma seperti pemilik nomor punggung sebelum ia mengenakannya. Saya pun menyebutnya salah satu kunci juara United musim ini.

#3 Patrice Evra - 7.5/10
Evra bermain jauh lebih baik dari musim lalu, meski tetap seperti biasa -overlap dan telat turun, tapi Evra membayar semuanya lewat 4 gol dan 5 assistnya sepanjang. Bahkan Evra masuk lima besar pemain United dengan rating tertinggi versi whoscored.

#4 Phil Jones - 7.0/10
Salah satu calon pemain versatile yang telah dibuat Ferguson. Kemampuan menjadi breaker di lini tengah tidaklah mengecewakan, bahkan pemain berwajah absurd ini sering menuai pujian di posisi DM. 1,8 intersepsi per pertandingan mungkin bisa membuktikan.

#5 Rio Ferdinand - 8.0/10
Boleh dibilang bek terbaik United musim ini, diduetkan dengan Evans atau pun Vidic tak masalah bagi Rio. Dia membuktikan kalau United perlu memperpanjang kontraknya.

#6 Jonny Evans - 7.5/10
Semakin berkembang menjadi salah satu bek penting bagi United musim ini, ia bisa menjadi alternatif ketika Vidic cedera. Evans pun menjadi pemain dengan cleareance terbaik kedua di United (8,3/game) setelah Vidic (10,5/game)

#7 Antonio Valencia - 5.5/10
Perlakuan berbeda diterima pemuda Ekuador ini saat bagaimana ia bagai seorang pahlawan musim lalu dan menjadi umpatan musim ini. Mungkin pundaknya terlalu berat memakai nomor 7. Musim depan jika masih di MU, saya menyarankan MU mengganti nomor punggungnya.

#8 Anderson - 5.5/10
Tak terlalu dapat banyak jam bermain musim ini, sepertinya musim depan pemain ini akan mendapat klub baru. Tapi Andesron, eh... Anderson memiliki satu momen lucu musim ini.


#10 Wayne Rooney - 8.0/10
Tidak, meski dia merengek seperti bayi rewel untuk dimasukan ke daftar jual tapi musim ini tak bisa dipungkiri kalau duetnya dengan van Persie salah satu yang terbaik di EPL. Di tempatkan di posisi belakang striker memang mengurangi produktifitasnya, tapi lihatlah 12 assistnya dan rataan 1,8 key passes per game menandakan kalau Rooney tidaklah buruk musim ini.

#11 Ryan Giggs - 7.0/10
Almost 40 years old, and he still run. Amazing!!

#12 Chris Smalling - 6.0/10
Tidak terlalu banyak komentar untuk pemain yang hampir sepanjang musim menghabiskan waktu di physio room atau bench.

#13 Anders Lindegaard - 6.5/10
Sempat membuat De Gea nyaris kehilangan tempatnya musim lalu, tapi musim ini Lindegaard memang menunjukkan kalau dia memang pantas hanya menjadi deputi De Gea. Pertandingan terkahir melawan West Brom bisa menunjukkan buruknya refleks kiper Denmark ini.

#14 Javier Hernandez - 7.5/10
Iya! Dia memang seorang striker biasa, teknik pun biasa, speed pun ya tidak terlalu cepat, drible nya pun baru bisa ia lakukan musim ini, tapi ia mengerti cara mencetak gol yang bahkan striker lain tidak bisa melakukannya. Supersub yang hebat!

#15 Nemanja Vidic - 7.5/10
Menghabiskan awal musim dengan cedera, sang kapten pun kembali. Di bawahnya pertahanan United kembali membaik, dan De Gea pun terlihat tak sesibuk biasanya. Ya, kalau preman ini ada di pertahanan United, niscaya aman lah! 

#16 Michael Carrick - 9.0/10
88,1% rasio kesuksesan passing, 2,1 intersepsi per pertandingan, pemain dengan foward passing terbaik di Eropa. Dia adalah nyawa di lini tengah United, statistik itu cukup membuktikan bagaimana vitalnya seorang Carrick musim ini bagi lini tengah United. Dia seperti orang Spanyol berpaspor Inggris. Bahkan, Arsene Wenger pun mendukungnya untuk memenangi PFA Player of The Year, yang sayang penghargaan itu dicomot Gareth Bale. Carrick memang underrated. It's Carrick You Know, Hard to Believe It's Not Scholes.

#17 Nani - 6.5/10
Terkadang dia Cristiano Ronaldo dan terkadang dia seperti sayap-sayap medioker.

#18 Ashley Young - 6.5/10
Sudah tidak ada lagi diving yang mencoreng wajah klub. Young memang terlihat seperti sayap tim papan tengah. Tidak bisa dikatakan bagus untuk tim sekelas Manchester United.

#19 Danny Welbeck - 6.5/10
Sekarang dia adalah sayap kiri. Hanya mencetak dua gol musim ini. Ajaibnya bisa masuk nominasi PFA Young Player of The Year.

#20 Robin van Persie - 9.0/10
Pembelian tersukses musim ini! Langsung nyetel dan langsung jadi top scorer. Selamat atas trofi pertamamu Robin, sesuatu yang sudah kau nantikan cukup lama. 
NB: Arsene Wenger is RECOMENDED SELLER!!

#22 Paul Scholes - 6.5/10
Pemain yang membuat Paul Pogba ini hengkang tak terlalu banyak diberi jam musim ini, mengingat performa Michael Carrick yang stabil musim ini. Akhir musim Scholesy pensiun. Farewell Scholesy! Thanks for everything who you give to United. #LEGEND

#23 Tom Cleverley - 7.0/10
Cleverley masih menunjukkan kalau dia gelandang masa depan United, masih berlari-lari di sepanjang lapangan. Golnya ke gawang Newcastle saya jadikan gol terbaik United musim ini.

#26 Shinji Kagawa - 7.0/10
Juergen Klopp menangis karena Kagawa hanya diberikan jam yang sedikit dan posisi sayap kiri. Kagawa memang belum bisa menunjukkan performa apiknya seperti di Dortmund musim lalu, tapi semoga musim depan pemain ini bisa menjadi kunci di lini tengah United.

#29 Alexander Buttner - 6.0/10.
Satu kalimat, "Moyes jadikan dia sayap musim depan!!!"

Demikianlah. Pasti ada yang tidak setuju dengan angka ini. Yasudah, berikan angka versi kalian di kolom komentar! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar